VSAT, Apalagi Tuh?

SMK Fornus training teknologi komunikasi vsat

VSAT, Internet Dari Langit

Mungkin anda telah familiar dengan teknologi komunikasi seperti Fiber Optic, WiFi, 4G dan lain sebagainya, namun pernahkah Anda mendengar tentang VSAT?

Internet dewasa ini sudah menjadi kebutuhan, bahkan hak bagi setiap orang atau yang dikenal sebagai hak atas akses internet atau kebebasan untuk terhubung (Freedom to Connect). Khusus di Negara kita Indonesia, memberikan akses internet kepada semua warga negara merupakan tantangan tersendiri, mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang besar dengan penyebaran penduduk yang tidak merata.

Sistem komunikasi terestrial baik melalui fiber optik ataupun radio (GSM) mungkin sudah menjadi hal yang biasa di daerah-daerah yang padat penduduk seperti Depok. Namun saudara-saudara kita di wilayah pedalaman yang masuk dalam kategori daerah 3T (Terdepan, Terluar, Terpencil) masih sulit untuk mendapatkan akses internet karena kendala ketersediaan infrastruktur, yang pembangunannya memang memakan biaya yang tidak kecil.

Disinilah teknologi VSAT hadir untuk memberikan layanan sambungan internet berbasis satelit bagi yang membutuhkan. Berbeda dengan sistem komunikasi terestrial, perangkat VSAT dapat diinstal dimanapun diruang terbuka selama masih menghadap langit.

VSAT atau Very Small Aperture Terminal merupakan teknologi komunikasi berbasis satelit dengan antena parabola yang diameternya kurang dari 3,8 M. Seiring Perkembangan teknologi, sekarang sudah tersedia parabola dengan ukuran 0,98 M, seperti Ubiqu yang menggunakan teknologi High Throughput Satellite dari PT Satelit Pasifik Nusantara, yang merupakan perusahaan swasta Indonesia pertama yang bergerak di bidang telekomunikasi satelit, serta salah satu yang terbesar di Asia sehingga mampu menghadirkan koneksi Internet dimanapun di Indonesia.

Menggunakan gelombang mikro, VSAT terhubung dengan satelit yang mengorbit Bumi yang kemudian akan menghubungkan remote site dimana perangkat VSAT tersebut terpasang dengan internet atau jaringan private melalui Gateway atau Hub.

 

 

Cara kerja internet satelit dengan vsat
Sumber : https://ubiqu.id/internet-dari-langit/

Peluang Dunia Kerja

Hadirnya sistem komunikasi satelit dengan VSAT tentunya membutuhkan tenaga terampil untuk melakukan instalasi dan maintenance. Tentu sinergi antara penyedia layanan komunikasi satelit dengan dunia pendidikan terutama di tingkat SMK, sangat diperlukan untuk mencetak teknisi-teknisi VSAT terampil yang mumpuni yang siap terjun ke lapangan. Tentu saja hal ini tidak mudah mengingat tantangan yang ada di lapangan, terutama di wilayah 3T, dimana terkadang para teknisi harus menempuh perjalanan yang tidak mudah dengan kondisi infrastruktur yang belum memadai, tetapi tantangan ini harus dihadapi demi tercapainya kemerataan koneksi Internet di seluruh wilayah Indonesia.

SMK Forward Nusantara Depok siap menjawab tantangan ini. Di SMK Forward Nusantara Depok, para siswa khususnya jurusan TKJ, diajarkan tentang teknologi komunikasi satelit, serta dilatih untuk melakukan instalasi serta maintenance VSAT. Diharapkan para Alummni SMK Forward Nusantara dapat turut berperan serta upaya menyediakan layanan internet di Indonesia.

Apakah kamu tertantang untuk menjelajah Nusantara serta berkarya mewujudkan Internet yang merata di seluruh Indonesia? Ayo bergabung bersama jurusan TKJ SMK Forward Nusantara.