Ausbildung

Apa itu Ausbildung

Ausbildung adalah program pendidikan dan pelatihan profesional di Jerman yang memberikan kesempatan kepada lulusan SMK untuk bekerja sambil kuliah untuk memperoleh keahlian praktis dalam berbagai bidang industri. Program ini merupakan bagian integral dari sistem pendidikan Jerman yang menekankan pada keterampilan praktis yang diperlukan dalam dunia kerja. Ausbildung merupakan kombinasi antara pembelajaran teori di lembaga pendidikan khusus dengan pengalaman langsung di tempat kerja, Azubi (calon tenaga ahli, sebutan bagi peserta program Ausbildung di Jerman) akan belajar teori di Berufschule (sekolah kejuruan) sebanyak 2 hari dan kerja selama 3 hari, atau dengan skema 1 bulan sekolah dan 1 bulan bekerja. Biasanya, program ini berlangsung selama dua hingga tiga tahun tergantung pada bidang studi yang dipilih, para peserta yang lulus akan tersertifikasi sebagai tenaga ahli di program yang dipilihnya.

Program-program yang bisa diikuti yaitu:

  • Perhotelan
  • Restoran
  • Chef
  • Keperawatan
  • Teknik
  • Teknologi Informasi

Mengapa Ikut Ausbildung?

Ausbildung memberikan pengalaman langsung di lapangan kepada para peserta, para Azubi mendapat upah yang besarnya tergantung bidang dan lokasi perusahaan. Upah yang diterima oleh peserta magang tersebut akan meningkat seiring bertambahnya kompetensi Azubi.
Selain bekerja para Azubi akan belajar dari para profesional yang berpengalaman dalam bidang mereka. Ini mempersiapkan mereka secara baik dalam menghadapi tantangan dunia kerja sekaligus memberikan pemahaman yang kuat tentang kebutuhan sebenarnya dalam pekerjaan tersebut. Selain itu, lulusan Ausbildung biasanya sangat diminati oleh perusahaan karena telah memiliki kompetensi keahlian yang terakreditasi di level internasional.

Persyaratan

Untuk mengikuti program Ausbildung, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, syarat yang paling penting tentu saja kemampuan berbahasa Jerman yang harus dibuktikan dengan sertifikat B1 atau Goethe-Zertifikat B1 dari Goethe-Institut.

Persiapan ausbildung

Mempelajari Bahasa Jerman tentu saja tidak mudah, Menyadari hal ini, SMK Forward Nusantara memberikan materi pelajaran Bahasa Jerman yang wajib diikuti oleh semua siswa-siswinya di kelas 10 dan 11, sehingga jika kelak mereka hendak mengikuti Ausbildung, mereka sudah mendapatkan bekal yang dapat memudahkan siswa-siswi SMK Forward Nusantara menggapai cita-citanya. Pembelajaran Bahasa Jerman di SMK Forward Nusantara juga sudah teruji dimana 2 siswi SMK Forward nusantara mendapatkan 2 posisi 10 besar di Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Regional Bogor.

SMK Forward Nusantara adalah tempat yang tepat bagi generasi muda untuk mengambangkan kompetensi diri sammai bertaraf internasional. Untuk informasi pendaftaran, silahkan klik tombol berikut ini.

PPDB 2024