Belajar Bahasa Jerman di Universum. Mensch. Intelligenz.

Negara Jerman memiliki sejarah gemilang dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi. begitu besarnya Jerman dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga pada abad 19 hingga abad 20, Bahasa Jerman menjadi bahasa dominan di dunia akademik internasional. Hingga kini, Jerman masih menjadi negara papan atas dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, hal ini sangat dipengaruhi oleh iklim industri yang sangat mengandalkan produk-produk berteknologi tinggi dengan kualitas tertinggi.

Universum. Mensch. Intelligenz. atau Semesta, Manusia dan Kecerdasan adalah pameran yang diselenggarakan oleh Goethe-Institut dan Max Planck Society dari Jerman dengan menampilkan pameran pengetahuan dasar sekaligus menyajikan penelitian mutakhir di Jerman. Para pengunjung diajak mengenal lebih jauh tentang alam semesta, manusia serta kecerdasan buatan melalui teks yang mudah dipahami, banyak gambar, grafik, presentasi, animasi, film, podcast, dan elemen interaktif, sehingga diharapkan bisa menubuhkan minat prngunjung untuk lebih mendalami ilmu pengetahuan dan teknologi.

Siswa SMK Forward Nusantara berkesempatan mengunjungi pameran Universum. Mensch. Intelligenz yang diadakan di perpustakaan nasional ini. Mereka sebelumnya telah belajar Bahasa Jerman, yang diajarkan di kelas X dan XI, sehingga dengan menyaksikan pameran ini mereka dapat melihat sendiri kemajuan riset dan teknologi yang ditampilkan di pameran tersebut. SMK Forward Nusantara membuka kesempatan bagi siswa-siswinya yang hendak melanjutkan studi melalui program Ausbildung, dimana mereka akan bekerja sekaligus magang di Jerman. Program ini memungkinkan lulusan SMK Forward Nusantara mengembangkan potensi dan karir mereka hingga ke taraf internasional.