Cara Menganalisa Jenis Kulit

-Desy Restiani, S.S., Dipl. Cidesco.

 

Sebagian besar pengguna kosmetik skincare tidak memahami kosmetik yang digunakannya. Mereka lebih tergoda oleh wara-wiri dan bisik-bisik tetangga kalau kosmetik itu bagus. Cocok atau enggak cocok, urusan belakangan Padahal banyak sekali kosmetik mahal belum tentu cocok.

Bagaimana caranya agar kosmetik yang kita beli bisa kita gunakan dan bermanfaat. Pertama kita harus mengetahui jenis kulit kita terlebih dahulu. Teorinya, Jenis kulit manusia ada empat jenis, yaitu jenis kulit normal, kulit berminyak atau oily, kulit kering dan kulit kombinasi.

Setiap jenis kulit kulit mempunyai cirinya masing-masing. Mari kita bahas satu persatu

Pertama, jenis kulit normal

Kulit Normal adalah kulit yang tidak terlalu kering maupun berminyak, bila diraba kulit terasa halus dan memiliki kelembapan dan kekenyalan yang cukup.

Ciri-ciri kulit normal

  1. Pori-pori tidak terlalu besar
  2. Persebaran warna kulit yang merata
  3. Jarang mengalami masalah kulit

 

Kedua jenis kulit berminyak(oily)

Kulit berminyak adalah kulit yang memproduksi sebum yang berlebih. Sebum adalah minyak yang dihasilkan kelenjar sebasea yang berfungsi untuk melindungi dan menjaga kelembaban kulit.

Ciri-ciri kulit berminyak

  1. Pori-pori besar
  2. Daerah T-Zone tampak mengkilap
  3. Terlihat adanya komedo
  4. Kelembaban kulit tinggi

 

Ketiga jenis kulit kering

Kulit kering adalah kulit yang mengalami gangguan dalam produksi sebumnya. Kulit ini cenderung mudah pecah-pecah, kasar dan gatal. Sehingga mudah mengalami masalah kulit.

Ciri-ciri kulit kering

  1. Pori-pori rapat bahkan cenderung tidak terlihat
  2. Terdapat milia dan frecles
  3. Kulit mudah teriritasi, berserpih
  4. Kelembaban kulit tidak baik

 

Keempat jenis kulit kombinasi

Kulit kombinasi adalah kulit yang memiliki dua jenis kulit dalam satu wajah. Baik itu kulit kering dengan kulit normal atau kulit berminyak dengan kulit normal maupun daerah T zone (dahi,hidung dagu) berminyak sedangkan pipi luar cenderung kering.

Ciri-ciri kulit kombinasi

  1. Pori-pori besar di daerah T zone tapi pipi luar cenderung rapat
  2. Kelembaban di daerah T zone tinggi sedangkan di pipi bagian luar kelembabannya kurang
  3. Warna kulit yang tidak merata

 

Jadi perhatikan dengan seksama yaa…supaya tidak keliru memilih kosmetik skincare. Untuk membeli kosmetik skincare tidak hanya jenis kulit yang diperhatikan tetapi kondisi  kulit pun harus diperhatikan.