IDE BISNIS SEBAGAI HAL PENTING DALAM BERWIRAUSAHA

 

 

 

Bukan Menjadi rahasia umum jika Kabar HOAX tentang SMK Penyumbang pengangguran terbesar masih sering kita dengar. Namun sekali lagi  selain sebagai masukan kita semua yang merupakan bagian dari SMK secara keseluruhan kita juga tidak bias memukul rata dan membenarkan menelan mentah-mentah berita tersebut sekalipun diperkuat dengan data.

Data hanya bias di diskusikan dengan data. Artinya untuk menolak ataupuyn menyetujui berita tersebut kita harus bias menyajikan data yang ada di Unit Pendidikan Kita.

SMK tidak boleh lepas dengan BMW nya. Singkatan keren yang banyak yang belum tau bahkan masih banyak yang menanyakan Apa itu??? BMW adalah singkatan dari Bekerja, Melanjutkan dan Wirausaha. Singkatan ini merupakan harapan dari dunia Pendidikan saat siswa SMK lulus. Mereka harus siap dengan 3 hal tersebut sebagai pilihanya. Hanya 3 tersebut dan bukan di luar hal tersebut. Ketiga hal tersebut bukan Berkeluarga, Menganggur dan Wira-wiri yang tidak jelas.

 

Artikel singkat ini akan lebih focus kepada satu hal yang merupakan kompenen BMW yaitu Wirausaha. Apa itu wirausaha. Saya mencoba mengutip pengertian wirausaha menurut ahli : Wirausaha adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis; mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dari padanya serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan kesuksesan (Geoffrey G. Meredith et. Al, 1995).  Pengertian diatas lebih mengedepankan:

  1. Kemampuan melihat peluang dan
  2. Action dalam bertindak untuk sukses.

Kedua hal tersebut akan lebih terarah apabila seorang wirausaha memiliki ide menuangkan penglihatan dan pengamatan mereka dalam bentuk aksi untuk mendapatkan hasil atau keuntungan dalam berusa. Itulah yang di sebut dengan ide bisnis dengan ide bisnis ini akan memunculkan banyak peluang yang menghindarkan siswa lulusan SMK menjadi wuirausaha yang sukses. Ide yang cemerlang saat di tuangkan ke dalam Action yang baik tentu akan memberikan peluang keberhasilan dengan probabilitas yang lebih tinggi. Keberanian menuangkan ide bisnis dalam kegiatan berwirausaha merupakan langkah awal dalam berwirausaha.

 

Siswa SMK harus memiliki tekad sekuat baja dan memiliki prinsip : tidak ada keberhasilan tanpa tetesan keringat dan air mata. Jatuh dalam berwirausaha adalah jal yang biasa, namun semangat untuk kembali memulai lagi adalah hal yang luar biasa dan harus dipunya.