Minuman Kolagen Untuk Remajakah ?

-Desy Restiani, S.S., Dipl. Cidesco.

 

Belum lama ini, Indonesia digempur oleh minuman-minuman kolagen baik yang diproduksi dalam negeri maupun luar negeri. Seperti biasanya dengan gempuran iklan di berbagai media social banyak remaja ikut mencobanya. Mulai dari rasa yang enak, kemasannya yang menarik serta segudang manfaat yang disampaikan para produsen minuman kolagen. Harga minuman kolagen tidaklah murah bahkan ada yang sampai ratusan ribu.

Yuk kita ulas apa itu minuman kolagen. Minuman kolagen adalah sejenis minuman yang di dalamnya terdapat kolagen. Kolagen bisa kita dapatkan dari ikan, telur, kacang-kacangan, sayuran dll.

Tubuh kita sendiri memproduksi kolagen di lapisan dermis. Kolagen membuat kulit tidak mudah kendur. Ibaratnya kolagen itu adalah pegas kasur busa. Sebagai penyangga bentuk wajah agar terlihat kencang.

Minuman khusus suplemen kolagen ini diperuntukkan wanita setengah baya. Kenapa khusus wanita separuh baya. Karena kebutuhannya akan kolagen sangat besar dimana kulit sudah mengalami perubahan kekenyalannya karena faktor usia.

Lalu bagaimana dengan remaja, apakah penting mengkonsumsi minuman kolagen bagi perawatan kulitnya?????

Tentu itu bukanlah sesuatu yang penting atau dibutuhkan kulit remaja. Kolagen pada kulit remaja masih bagus. Sehingga remaja tidak memerlukannya sebagai suplemen. Tubuh remaja masih bisa memproduksi kolagen dengan baik. Memasukkan kolagen ke dalam tubuh remaja sebagai hal yang sia-sia. Tidak bermanfaat. Contoh bila tubuh tidak sakit perut kenapa kita harus minum obat sakit perut. Apa manfaatnya?

Kolagen yang terdapat dalam makanan yang remaja konsumsi sudah cukup untuk kebutuhan tubuhnya. Lebih baik sebagai remaja memperhatikan asupan gizi yang sehat sehingga menunjang tumbuh kembangnya.

 

Janganlah berlebihan, Yang berlebihan itu mubazir

 

-Desy Restiani, S.S., Dipl. Cidesco.