P5 DI KURIKULUM MERDEKA Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

P5 adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam pembelajaran untuk memperkenalkan dan menumbuhkan sikap positif pada siswa. Kegiatan P5 ini biasanya dilaksanakan pada waktu yang sudah ditentukan  dan memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam 5 bidang (Pancasila, Bahasa Indonesia, Olahraga, Seni dan Sosial).

Proyek Penguatan Profik Pelajar Pancasila dari sedikit uraian diatas  memfokuskan kepada sikap positif atau Attitude yang baik yang dilakukan dengan durasi waktu dan pelaksanaan yang di tentukan sekolah dengan harapan skill atau kemampuan siswa terangkat. Dari kesimpulan ini kita akan coba untuk mengupas kegiatan – kegiatan yang menyenangkan sebagai program P5 pada Kurikulum Merdeka. Adapun contoh kegiatan kegiatan tersebut seperti: Outing Class, Pentas Seni, Kunjungan Industri, Kolaborasi kegiatan Bersama antar jurusan dan masih banyak lagi.

Di dalam tulisan ini kita kita akan mencoba mengupas satu kegiatan untuk di jadikan program P5. Adapun kegiatan itu adalah Outing Class.

Apabila outing class akan dijadikan sebagai salah satu program P5 maka harus ada beberapa aspek yang terpenuhi (Pancasila, Bahasa Indonesia, Olahraga, Seni dan Sosial)

 

Di dalam kegiatan outing class seperti diatas siswa diajarkan Mensyukuri keindahaan alam semesta yang merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, Saling Toleransi, saling Bekerjasama  Bersosialisasi dengan komunikasi yang baik sesama teman, berkolaborasi dan belajar saling menghargai.  Kolaborasi dan kekompakan yang dibentuk dalam kegiatan ini tentunya diharapkan akan terbawa dalam sikap peserta didik pada saat mereka belajar di sekolah, melakukan kunjungan industry, pemagangan ataupun di dunia kerja nantinya.

Uraian diatas memberikan gambaran adaptasi kegiatan yang menyenangkan untuk seluruh siswa dapat dilakukan sebagai salah satu Projek P5 di dalam kurikulum merdeka.

 

Semangat P5 semangat kurikulum merdeka yang menyenangkan.