Solusi Bau Badan

-Desy Restiani, S.S., Dipl. Cidesco.

 

Bau badan adalah masalah klasik yang selalu kita temui dimana saja dan kapan saja. Terkadang orang yang mempunyai bau badan tidak menyadari akan bau badannya sendiri. Hal ini menyebabkan lingkungan sekitarnya merasa terganggu.

Bau badan asalnya dari mana? Bau badan dihasilkan  dari kelenjar apokrin . Kelenjar ini menghasilkan bau yang khas. Lalu bagaimana cara mengatasi bau yang keluar dari badan kita.

Ada beberapa sumber bau di tubuh kita. Mulai dari kepala, ketiak, kemaluan dan kaki. Kebersihan diri dimulai dari rajin mandi dan keramas. Kenapa harus mandi  karena mandi bisa menghilangkan kuman atau bakteri yang menempel di tubuh kita.

Minyak wangi bukan solusi menghilangkan bau. Karena bila tidak mandi, bau badan kita akan bercampur dengan minyak wangi menambah kadar bau yang menyengat.

Selesai mandi, kulit dikeringkan dengan handuk bersih dan gantilah pakaian dengan pakaian yang bersih baik pakaian dalam maupun pakaian luar.

Untuk mengurangi bau yang berlebih, kita bisa menggunakan  antiperspirant, deodorant, tawas atau essensial oil. Walaupun sudah menggunakan deodorant atau pespirant . Mandi tetap harus dilakukan supaya terbebas dari bakteri atau kuman

Menjaga pola makan, makan-makanan yang sehat. Pola konsumsi yang sehat akan mengurangi bau badan.

Jadi bau badan, bisa dikontrol dengan kita melakukan pola hidup yang sehat, rajin mandi, mengganti pakaian setelah selesai mandi  dan gunakan deodorant atau pespirant pada bagian ketiak.

 

Bau badan melewati  batas teratorial